Selasa, 08 Februari 2011

Lucu Juga Megacity Mobil Listrik BMW


Pada akhir Januari lalu, Kompas.com sempat mewartakan perihal BMW tengah mengembangkan mobil listrik bersama mitranya dari China (Brilliance China Automotive Holding Ltd). Basis dari kendaraan itu memakai Seri 5 dan diberi nama sementara ECHO.

Namun ada kabar baru dari pabrikan mobil asal Jerman yang dilansir Autonews dan Autoevolution (3/2) bahwa pada 21 Februari mereka akan mengumumkan proyek tersebut, termasuk nama kendaraan dan kapan mulai diproduksi. Sumber dari dalam (BMW) menyampaikan mobil listrik itu memakai sebutan "i", cuma belum tahu apa i2,i3,i4,i5 dan seterusnya.

Mengenai bentuknya, sudah diberitakan kalau Megacity pertama ini menggabungkan tenaga listrik dengan bodi serat karbon yang dibangun di atas sasis aluminium. Platformnya mereka namakan Life-Drive.

Tenaga, kemungkinan sama dengan konsep kendaraan listrik ActiveE yang telah dikembangkan menjadi 170 HP dan torsi 250 Nm. Sama seperti MINI E, Megacity kini mulai menjalani tahap pengujian, sambil dipikirkan juga bagaimana pemasarannya nanti.

"Kami sedang mencari alternatif, apakah mobil ini dibeli secara tradisional atau dalam bentuk sewa," ujar Kepala Penjualan BMW Robertson. Prinsip BMW di sini,"Kami tak ingin sekadar menjual mobil, tapi lebih bagaimana menggunakannya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar