Rabu, 09 Februari 2011

BMW 1M Coupe Hanya Diproduksi 2.700 unit


Saat memperkenalkan produk terbarunya, Seri-1M Coupe kemarin, Ramesh Divyanathan, Presdir PT BMW Indonesia, mengatakan, berharap bisa menjual mobil sport kompak tersebut di Indonesia pada tahun ini 30 unit. Namun, untuk harga, ia belum bisa menentukan. Pasalnya, “Ini bukan peluncuran, tetapi media preview,” jelasnya. Karena itu pula, mobil yang diperlihatkan masih setir kiri. “Ini nanti dikirim kembali ke Jerman,” tambahnya.

BWM ini baru melalukan debut dunianya di Detroit Auto Show bulan lalu. Sementara penjualan global baru dimulai pada akhir musim semi tahun ini. Kendati demikian, Ramesh berharap, untuk konsumen Indonesia yang memesannya dari sekarang, akan memperoleh unit pada Mei 2011.

Terbatas
Seri-1M Coupe merupakan produksi terbatas dari BMW M, yaitu 2.700 unit selama setahun. Harganya baru akan diumumkan oleh BMW München menjelang peluncuran resmi. Kendati demikian, beberapa media internasional, mendapatkan informasi, mobil sport kompak premium ini akan dilepas ke konsumen dengan harga paling murah (versi standar) 47.010 dolar AS atau setara dengan 425 juta (kurs sekarang).

Dengan harga itu, Seri-1M harga termurah dibandingkan kompetitor di kelasnya. Sebenarnya tidak ada kompetitor yang benar-benar setaraf. Namun beberapa pengamat menyandingkan 1M Coupe ini dengan Audi RS3 dan Porsche Cayman R sebagai kompetitor terdekatnya. Kedua saingan yang juga berasal dari Jerman tersebut ternyata lebih mahal. Sedangkan Seri-1M dari segi penampilan dinilai impresif dan agresif.



Audi RS3 bermesin 2,5 liter, 5-silinder dengan tenaga 340 PS. Harga lebih mahal, yaitu 52.100 euro atau sekitar Rp 623 juta. Kompetitor paling dekat adalah Porsche Cayman R dengan mesin 3,4 liter, 6-silinder, setelah di-tune-up mampu menghasilkan tenaga 330 PS, namun harganya lebih mahal, Rp 603 juta.

Overboost dan M Differential Lock
Fitur mesin ciri yang menarik dari mobil adalah overboost. Torsi mesin akan bertambah 50 Nm bila gas terus digeber di atas putaran 4.500 rpm. Juga disertai dengan fitur Efficeint Dynamic khas BMW, yaitu rem regeneratif yang mengubah energi kinetik rem menjadi listrik.

Penampilan interior mobil ini, ketika dilonggok, berkesan eksklusif dan kuat nuansa sportynya. Tak kalah menarik adalah aksentuasi menarik, yaitu jahitan benang kulit Alcantara pada jok, dasbor, setir dan bagian ddalam pintu. Kombinasi, jahitan benang besar, gandar dengan warna oranye. Hanya apda setir kombinasi benang jahitan orangye dan biru muda.

Fitur lain adalah “variable M Differential lock” untuk agar torsi bisa dibagi ke setiap roda belakang (kanan) sesuai dengan kondisi jalan yang dipijaknya. Bila salah satu roda slip karena jalan licin, misalnya, roda tersebut akan dikunci dan tenaga di pindah ke roda satu lagi. Karena itu pula, dengan fitur ini kemampuan saat bermanuver di tikungan sangat mantap.

Fitur lain adalah Dynamic Stability Control (DSC), Antilock Brake System (ABS), anti-slip control function (ASC), brake assistant Dynamic Brake Control (DBC), a hill-hold assistant for starting off (setelah behenti di tanjakan, tinggal tekan gas untuk maju), kontrol rem ketika membelok (Cornering Brake Control: CBC). DSC membantu mobil mencegah oversteer ketika membelok di permukaan jalan licin.

Selain jumlah unit terbatas, warna pilihan juga cuma tiga, yaitu oranye (Valencia Orang Metallic), hitam (Black Sapphire Metallic) dan putih (Alpine White).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar